Rabu, 16 April 2008

Perawatan Gigi untuk Remaja

Sekitar usia 12 tahun, remaja akan memiliki 28 gigi tetap, sedangkan tambahan empat gigi geraham bungsu/terakhir mungkin baru tumbuh pada akhir masa remaja mereka (usia 15-18 tahun). Inilah saatnya untuk meneruskan kebiasaan memelihara dan menjaga gigi-gigi yang telah tumbuh tersebut agar tetap sehat seumur hidupnya.

Masalah yang timbul dari gaya hidup remaja saat ini antara lain adalah pola makan yang cenderung lebih lunak, yang justru lebih trendi bagi remaja saat ini. Padahal, agar dapat memacu tumbuh kembang fungsi kunyah yang aktif, gigi membutuhkan makanan yang kenyal. Namun, para remaja biasanya lebih suka penganan yang lunak, lembut, berkarbohidrat tinggi, serta cenderung lengket di gigi. Memang gaya hidup sulit dihindari, sehingga sangat perlu diimbangi dengan pemeliharaan gigi yang teliti dan teratur pada remaja.

Cara merawat gigi remaja:
Setelah selesai menyantap makanan, hendaknya diikuti dengan upaya mengurangi makanan yang lengket pada permukaan gigi, dengan cara:
• Membiasakan diri selalu kumur-kumur dengan air bersih segera sesudah makan makanan yang manis-manis, walau sifatnya hanya mengurangi yang lengket saja. Lebih baik lagi dengan menyikat gigi.
• Makan buah-buahan yang berserat dan berair, walau bukan berarti gigi menjadi bersih, tetapi dapat mengurangi sisa makanan yang tertinggal pada gigi.


Tidak ada komentar: